Nuansa Bersahaja Perayaan HUT ke-32 GKPS Jambi




Ketua Majelis Jemaat (Porhanger) GKPS Jambi yang pertama, St JBS Sumbayak (tengah) memotong kue ulang tahun ke-32 GKPS Jambi disaksikan para majelis jemaat GKPS Jambi pada perayaan HUT ke-32 GKPS Jambi di GKPS Jambi, Minggu (26/4/2015). (Foto : Asenk Lee)


(Warna/Jambi) – Jemaat Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Jambi merayakan pesta hari ulang tahun (HUT) ke -32 dalam suasana sederhana dan cukup bersahaja di Gereja GKPS Jambi, Minggu (26/4/2015). Nuansa pesta meriah tak nampak dalam perayaan HUT tersebut. Namun demikian sekitar 300 orang warga jemaat GKPS Jambi yang mengikuti ibadah dan perayaan HUT ke-32 GKPS Jambi tersebut tampak bersuka cita. 


Warga jemaat mengikuti segenap rangkaian acara pada perayaan HUT ke-32 GKPS Jambi tersebut, mulai dari prosesi, ibadah, lelang, hiburan, tari-tarian dan makan bersama. Prosesi ibadah perayaan HUT ke-32 GKPS Jambi tersebut diiringi dengan tari-tarian Simalungun yang dibawakan sepasang Pemuda GKPS Jambi.


Ibadah perayaan HUT ke-32 GKPS Jambi yang dipimpin Pendeta GKPS Resort Jambi, Pdt JP Tamsar STh tersebut juga cukup semarak. Koor wanita, vokal grup wanita, pemuda, bapa, sekolah minggu GKPS Jambi yang ditampilkan dalam ibadah menambah suasana perayaan HUT ke-32 GKPS Jambi terasa meriah.  


Seusai ibadah, perayaan HUT ke-32 GKPS Jambi juga diisi dengan hiburan “dari kita ke kita” menampilkan Trio Pemuda GKPS Jambi, remaja GKPS Jambi, Pdt Kurnia Br Girsang STh, taur-taur simbandar (sinden Simalungun) dan tari Simalungun yang dibawakan anak sekolah minggu usia sekolah dasar.


Kemudian lelang untuk penggalangan dana pada perayaan HUT ke-32 GKPS Jambi juga berlangsung lancar. Hasil lelang mencapai Rp 24 juta, suatu hasil yang cukup menggembirakan dengan perayaan pesta HUT yang sederhana. Seusai makan bersama, perayaan HUT ke-32 GKPS Jambi dilanjutkan dengan tari-tarian bersama untuk pengumpulan dana.


Nuansa sedih dan gembira terasa bercampur dalam perayaan HUT ke-32 GKPS Jambi tersebut. Suasana sedih terasa karena pada ibadah perayaan HUT ke-32 GKPS Jambi tersebut diadakan pelepasan seorang Sintua (penatua ) yang memasuki masa pensiun, yaitu St A Purba. Sintua tersebut sudah melayani di GKPS Jambi selama 44 tahun, yakni terhitung mulai 1981 – 2015.


Sedangkan suasana gembira terasa dalam perayaan HUT ke-32 GKPS Jambi tersebut karena pada kesempatan itu diadakan penasbihan (penabalan/pamasu-masuon) empat orang sintua di GKPS Jambi. Mereka yang ditahbiskan, St Meslan Saragih SH, St Fendi Sipayung, St Rosliana Br Purba dan St Elly Ntaba Br Sumbayak. 


Anak-anak Sekolah Minggu GKPS Jambi usia sekolah dasar (SD) memeriahkan perayaan HUT ke-32 GKPS Jambi tarian Simalungun “Sitalasari” di GKPS Jambi, Minggu (26/4/2015). (Foto : Asenk Lee)


Sejarah GKPS Jambi

 Perayaan HUT ke-32 GKPS Jambi tersebut juga sekilas menunjukkan nilai sejarah. Hal tersebut ditandai dengan kehadiran Pengantar Jemaat (Ketua Majelis Jemaat) GKPS Jambi yang pertama, St JBS Sumbayak. Kemudian pada kesempatan tersebut, anggota Majelis Jemaat GKPS Jambi, St Drs GM Sargih MSi juga membacakan sekilas sejarah GKPS Jambi.


Jemaat GKPS Jambi yang pada awalnya berasal dari Perkumpulan Keluarga Simalungun (PKS) Jambi berdiri sejak Minggu, 1 April 1983. Kala itu GKPS Jambi wilayah pelayanan dari GKPS Distrik IV Cikoko, Jakarta. Jemaat GKPS Jambi memulai bangunan gereja di wilayah Kotabaru Jambi (patibal batu onjolan) pada hari Minggu, 20 April 1985. Sedangkan peresmian Gereja GKPS Jambi dilaksanakan pada hari Minggu, Kantate, 27 April 1986.


Dalam kurun waktu yang cukup lama, GKPS Jambi menjadi induk GKPS Resort Jambi yang memiliki wilayah pelayanan Sumatera Selatan dan beberapa kabupaten di Jambi. Anggota GKPS resort Jambi kala itu, yakni GKPS Palembang, GKPS Muarabungo (Kabupaten Bungo, Jambi), GKPS Bangko (Kabupaten Merangin, Jambi), GKPS Suka Makmur (Kabupaten Tebo, Jambi), GKPS Sumber Sari (Kabupaten Tebo, Jambi) pakon GKPS Simpang TKA (Kabupaten Bungo, Jambi).


GKPS Resort Jambi dimekarkan dengan GKPS resort Palembang tahun 2000-an. Kemudian GKPS Resort Jambi dimekarkan lagi dengan dengan GKPS Resort Muarabungo mulai ari Minggu, 20 November 2011. Jadi GKPS Resort Jambi sejak 2011 sampai kini tinggal dua jemaat, yakni GKPS (Kotabaru) Jambi dan GKPS Persiapan Tanah Kanaan, Jalan Penerangan, Bagan Pete, Kota Jambi. GKPS Persiapan Tanah Kanaan Jambi yang sebelumnya merupakan Pos Pekabaran Injil (PI) Aur Duri GKPS Jambi dimekarkan mulai hari Minggu, 23 Oktober 2011.


Perjuangan berat GKPS Jambi dan GKPS Persiapan Tanah Kanaan Jambi sekarang ini ialah usaha mendapatkan izin beribadah dan membangun gereja untuk GKPS Persiapan Tanah Kanaan. Perjuangan lainnya ialah meningkatkan kesejahteraan warga jemaat serta meningkatkan kualitas kerohanian warga jemaat. (Warna/Rds)

 
Majelis Jemaat GKPS Jambi menari bersama untuk penggalangan dana pada perayaan HUT ke-32 GKPS Jambi di GKPS Jambi, Minggu (26/4/2015). (Foto : Asenk Lee)


0 Response to "Nuansa Bersahaja Perayaan HUT ke-32 GKPS Jambi "

Posting Komentar